Taiwan Kembali Diguncang Gempa Kuat

Taiwan Kembali Diguncang Gempa Kuat

Gempa bumi berkekuatan 6,3 magnitudo melanda sebuah kawasan sekitar 34 kilometer dari lepas pantai Kota Hualien di Taiwan timur pada Jumat (16/8), kata badan urusan cuaca wilayah itu. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa kuat kedua yang melanda pulau itu dalam waktu kurang dari satu hari.

Gempa tersebut juga mengguncang gedung-gedung di ibu kota, Taipei. Pihak berwenang mengatakan layanan kereta bawah tanah di kota tersebut berlanjut dengan kecepatan lebih rendah.

“Hampir saja,” kata Hsieh Yu Wei, seorang penyanyi yang menghentikan mobilnya saat ia menerima peringatan gempa yang dikeluarkan pemerintah saat berkendaraan di jalan raya pesisir Hualien.

Gempa tersebut memiliki kedalaman 9,7 km, kata badan urusan cuaca itu, dan terjadi setelah gempa berkekuatan 5,7 magnitudo yang melanda pantai timur laut Taiwan pada Kamis (15/8) malam.

Para pejabat urusan cuaca telah memperingatkan risiko tanah longsor di daerah pegunungan setelah hujan yang turun selama berhari-hari.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.

Pada bulan April, Hualien dilanda gempa bumi terbesar yang melanda Taiwan setidaknya dalam 25 tahun terakhir. Sembilan orang tewas dan lebih dari 900 orang terluka akibat gempa tersebut. [ab/ka]

Link Terkait:

Tag:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Dunia