Hamas dan Hizbullah Dilema untuk Balas Israel atau Tidak, Usai  Pembunuhan Pemimpin

Hamas dan Hizbullah Dilema untuk Balas Israel atau Tidak, Usai Pembunuhan Pemimpin

Hamas dan Hizbullah Dilema untuk Balas Israel atau Tidak, Usai Pembunuhan Pemimpin

Seorang mantan penasihat keamanan nasional Israel mengatakan kepada VOA bahwa kelompok proksi Iran Hamas dan Hizbullah menghadapi dilema dalam mempertimbangkan apakah akan melancarkan pembalasan terhadap Israel atas pembunuhan dua tokoh senior mereka dalam serangan di Beirut dan Teheran selama beberapa jam mulai Selasa (30/7).

Brigadir Jenderal Jacob Nagel, mantan penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, membahas dilema tersebut dalam wawancara telepon, Rabu (31/7) dengan VOA. Nagel, yang berbasis di Israel, adalah peneliti tamu di Israel di Foundation for Defense of Democracies, sebuah kelompok penelitian kebijakan luar negeri dan keamanan Amerika Serikat (AS) di Washington.

Israel menegaskan bahwa mereka membunuh Fuad Shukr, komandan tertinggi militer Hizbullah di Lebanon, dalam serangan pada Selasa (30/7) di sebuah gedung di kubu kelompok tersebut di Beirut selatan. Hizbullah belum mengatakan apakah Shukr tewas dalam serangan itu. Hizbullah dinyatakan sebagai kelompok teror oleh AS.

Hamas dan Hizbullah Dilema untuk Balas Israel atau Tidak, Usai Pembunuhan Pemimpin

Pemerintah dan militer Israel belum mengomentari serangan yang menurut Iran dan kelompok teror Hamas menewaskan pemimpin politik kelompok tersebut, Ismail Haniyeh, di Teheran beberapa jam kemudian. Hamas dan media pemerintah Iran menyalahkan Israel atas serangan yang direncanakan pada Rabu (31/7) terhadap sebuah kediaman di ibu kota Iran, tanpa menyebutkan bukti.

Berikut transkrip wawancara dengan Nagel yang telah diedit agar singkat dan jelas.

Kancil : Apa reaksi Anda terhadap pembunuhan pemimpin politik Hamas Haniyeh di Teheran?

Jacob Nagel, Yayasan Pertahanan Demokrasi (Foundation for Defense of Democracies): Ada tiga pemimpin politik Hamas yang bertanggung jawab atas serangan teror 7 Oktober terhadap Israel: Haniyeh, Khaled Mashaal dan Saleh al-Arouri (yang dituduh Hamas dibunuh oleh Israel dalam serangan sebelumnya di Beirut selatan pada 2 Januari). Dua sudah dihabisi. Masih ada satu lagi.

Kancil: Menurut Anda bagaimana reaksi Iran?

Nagel: Iran akan membalas. Mereka biasanya melakukannya dengan menggunakan Hamas atau Hizbullah.

Hamas ingin membalas. Kemampuan mereka sudah tidak terlalu mumpuni lagi (setelah sembilan bulan berperang melawan Israel). Jika mereka ingin menembakkan rudal ke Tel Aviv, mereka bisa.

Hizbullah sangat berbeda. Mereka mempunyai banyak kemampuan. Mereka harus memutuskan apakah mereka akan meningkatkan konflik (yang telah berlangsung selama sembilan bulan pada tingkat rendah) dengan Israel ke tingkat pembalasan berikutnya yang lebih tinggi.

Apakah mereka menginginkan perang skala penuh atau tidak? Jika mereka membalas dengan cara yang saya proyeksikan akan mereka lakukan, Israel harus membalas mereka dengan cara yang sama. Ada cukup banyak target di Lebanon yang bisa kita serang. Dan kita akan lihat siapa yang terakhir membalas. Penting untuk menjadi yang terakhir (bertahan).

Kancil : Langkah apa yang Anda harapkan diambil oleh Pemerintah Israel jika terjadi pembalasan?

Nagel: Komando Front Dalam Negeri Israel tidak mengubah apa pun dalam hal kesiapsiagaan. Jika kami memiliki tindakan pencegahan khusus yang perlu kami ambil, kami akan mengambilnya. Saat ini, warga Israel harus mendengarkan instruksi apa pun dan jika ada sirene, pergilah ke tempat perlindungan. Kami menjaga keamanan Israel dari utara ke selatan dan dari tempat lain mana pun. [ft/rs]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Dunia